Belajar Bertanggung Jawab Bagian 2

Parenting

BILA IA MENOLAK

Yang perlu kita sadari, tak semua usaha penanaman nilai pada si kecil akan berjalan mulus. Wajar bila satu atau dua kali ada pertentangan dari anak. Apabila ia menolak melakukan tanggung jawabnya, jangan memaksa. Pemaksaan hanya akan membuatnya merasa dituntut bahkan merasa takut dan memilih menghindari kita.

Cara-cara lembut seperti memberinya pengertian atau membujuk akan jauh lebih efektif. Saat ia meninggalkan mainannya begitu saja, misal, ajak ia untuk merapikan, “Kak, kok mainannya enggak ditaruh ke kotak mainan, nanti hilang lo!” Atau bila ia meninggalkan pakaiannya begitu saja, tegur ia secara halus dan terlibatlah dalam pekerjaan itu. Misal, anak mengoper pakaian, kita yang menaruhnya ke dalam lemari Tapi sekali lagi, ini adalah sebuah proses. Ada perjalanan panjang yang harus dilalui sebelum memperoleh hasilnya.

Orangtua jangan putus asa, sekali tidak bisa, coba lagi, sampai anak benarbenar mengerti. Jika buah hati tampak sudah mampu menjalankan tanggung jawab dengan baik, ia bisa diajarkan cara tanggung jawab yang lebih besar. Tidak hanya dalam lingkup keseharian saja tapi juga dalam lingkup sosialisasi mereka.

Suka Jajan adalah Boros

Kebiasaan di masa kecil akan terbawa sehingga dewasa nanti. Jika prasekolah tidak diajarkan konsep nilai uang sejak dini, ada efek negatif yang mungkin muncul di kemudian hari. Salah satunya, sifat konsumtif atau terbiasa berutang karena ia tidak bisa membatasi pengeluaran sesuai dengan pendapatannya. Bagaimana dengan anak yang suka jajan, apakah perilaku ini bisa menjadi “cikal-bakal” kelak prasekolah menjadi boros?

Setiap anak suka jajan karena ada rasa senang saat bisa memperoleh semua yang diinginkannya tanpa batas. Di sinilah diperlukan sikap bijak orangtua. Belum tentu “suka jajan” menjadikan anak boros, selama kita mampu mengarahkan menjadi hal yang positif. Misal, dengan menjelaskan jatah uang jajannya dan bagaimana memilih jajanan yang bersih. Melarang sama sekali anak untuk jajan bukan solusi. Kasihan juga jika anak dilarang jajan sementara dia melihat rekan sebayanya melakukan hal tersebut.

Untuk anak agar mahir dalam berbahasa asing khususnya bahasa Jerman dapat mengikutkannya di tempat kursus belajar berbahasa Jerman di Tangerang.

Poppy pipy

Poppy Pipy adalah seorang blogger yang sangat menyukai hobi menulis sejak kecil, selain mengelola blog ini, poppy pipy juga menulis di blog-blog lainnya, poppy sangat menyukai menulis soal fashion dan traveling,contoh beberapa tulisannya adalah sebagai berikut Tren Model Baju Gamis Terbaru, Tips Liburan Ke Kuala Lumpur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *