Metode Pengendalian Rayap Ala Jasa Anti Rayap

Jasa

Setiap tahun, di Indonesia diperkirakan mengalami kerugian sebesar Rp 2,8 Triliun berupa kerusakan properti dan bangunan yang diakibatkan oleh rayap. Meski demikian, kesadaran penduduk untuk mendeteksi bahaya rayap sejak dini masih kurang. Masyarakat cenderung lebih menyukai cara-cara pembasmian daripada pencegahan dan pengendalian secara masif. Ada beberapa solusi pengendalian rayap yang biasanya dilakukan oleh jasa pengendalian rayap. Anda bisa mencoba melakukannya secara mandiri ataupun menghubungi jasa anti rayap terdekat jika mengalami kesulitan.

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dan inovasi, berkembang pula model-model pengendalian rayap yang diharapkan bisa memberikan hasil lebih maksimal. Metode pengendalian rayap bisa dilakukan dengan menggunakan pengendalian secara fisik. Model pengendalian ini dilakukan dengan cara membentuk penghalang di bawah lapisan tanah gedung atau bangunan yang bertujuan untuk mencegah penetrasi rayap ke dalam bangunan. Bahan yang biasanya digunakan sebagai penghalang yaitu pasir, granit, mesh stainless steel, perlit, dan lain-lain. Metode pengendalian ini juga telah dilakukan di beberapa negara lain, seperti Jepang, Australia, dan Amerika Serikat.

Selain dengan cara pengendalian fisik, dapat dilakukan pula pengendalian dengan cara kimia. Yang menjadi prinsip dasar model pengendalian ini adalah pembentukan barrier atau pembatas dari bahan kimia pada lapisan tanah yang bertujuan untuk mencegah penetrasi rayap ke dalam gedung atau bangunan. Metode ini mungkin akan sulit jika Anda praktikkan secara mandiri, karena bahan kimia yang digunakan perlu disuntikkan dengan dosis yang tepat agar tidak merusak lingkungan. Oleh karena itu, alangkah lebih baik Anda menghubungi jasa anti rayap terdekat jika ingin menjajal pengendalian model ini.

Berdasarkan metode aplikasi dan praktiknya, pengendalian dengan cara kimia dapat dilakukan sebelum masa konstruksi dan sesudah konstruksi. Sebelum masa konstruksi atau pembangunan, pengendalian secara kimia dilakukan melalui pemberian dosis tertentu pada lubang fondasi, tanah dan kayu. Pengendalian dengan cara kimia sesudah masa konstruksi dilakukan dengan injeksi, penyemprotan atau pelaburan serta pengumpanan.

Metode-metode pengendalian rayap tersebut sudah teruji di beberapa tempat, baik di dalam negeri maupun di luar negeri ampuh untuk mengatasi persoalan rayap. Memang, rayap tidak akan nampak membuat kerusakan dalam waktu dekat. Namun jika dibiarkan tanpa penanganan yang tepat akan sangat mungkin menimbulkan kerusakan dan kerugian bagi masyarakat. Dengan keberadaan jasa anti rayap di banyak tempat diharapkan bisa membantu Anda mengendalikan rayap dan mengurangi potensi kerusakan pada properti Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *