Tentang Bayi Prematur Bagian 3

Parenting

7. Ketidakmampuan mempertahankan suhu tubuh. Bayi prematur lahir dengan kondisi lemak tubuh yang lebih sedikit daripada bayi cukup bulan. Kondisi kulitnya pun masih belum berfungsi sempurna sehingga membuatnya kesulitan mempertahankan suhu tubuh normal. Selama perawatan bayi-bayi prematur memerlukan inkubator atau penghangat untuk membantunya mempertahankan suhu tubuh.

8. Organ pencernaan belum berfungsi sempurna. Organ pencernaan bayi prematur umumnya masih belum berfungsi sempurna sehingga tidak dapat menyerap nutrisi makanan secara optimal. Kondisi ini memerlukan pemberian nutrisi langsung melalui darah melalui jalur infus.

9. Anemia. Kadar sel darah merah yang normal pada bayi baru lahir adalah di atas 15 g. Pada bayi prematur kadar sel darah merahnya lebih rendah sehingga dalam perawatannya terkadang memerlukan transfusi darah. Kekurangan sel darah merah akan mengganggu peredaran oksigen ke organ-organ tubuh yang dapat menyebabkan komplikasikomplikasi yang lebih berbahaya.

10. Patent Ductus Arteriosus (PDA). Pada peredaran darah janin, ada pembuluh darah yang disebut ductus arteriosus. Pembuluh darah ini berfungsi mengalirkan darah dari jantung langsung menuju seluruh tubuh tanpa harus melalui paru-paru. Setelah lahir, ductus arteriosus akan segera menutup sehingga darah dari jantung akan masuk ke dalam paru-paru terlebih dahulu untuk mengikat oksigen dan setelah itu baru diedarkan ke seluruh tubuh. Pada bayi prematur, ductus arteriosus tidak menutup setelah lahir sehingga darah dari jantung sebagian akan langsung diedarkan ke seluruh tubuh tanpa melalui ke paru-paru untuk berikatan dengan oksigen. Kondisi ini akan menyebabkan bayi kekurangan oksigen.

11. Retinopathy of prematurity (ROP). Kelainan mata yang dapat menyebabkan kebutaan. Terutama sering terjadi pada bayi prematur yang lahir pada usia kehamilan 24–26 minggu. Pengobatannya bergantung pada tingkat kegawatannya, biasanya dilakukan terapi laser atau cryosurgery.

12. Necrotizing enterocolitis (NEC). Kondisi dimana peredaran darah ke organ pencernaan berkurang, sehingga dapat menyebabkan kematian dinding usus pada bayi prematur. Kondisi ini dapat berakibat fatal. Pengobatannya memerlukan pemberian makanan melalui infus, antibiotik, dan terkadang memerlukan tindakan pembedahan.

Simak juga informasi lengkap berikut mengenai tempat persiapan tes TOEFL IBT Jakarta terbaik.

Poppy pipy

Poppy Pipy adalah seorang blogger yang sangat menyukai hobi menulis sejak kecil, selain mengelola blog ini, poppy pipy juga menulis di blog-blog lainnya, poppy sangat menyukai menulis soal fashion dan traveling,contoh beberapa tulisannya adalah sebagai berikut Tren Model Baju Gamis Terbaru, Tips Liburan Ke Kuala Lumpur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *