Tentang Bayi Prematur

Parenting

Benarkah bayi prematur yang lahir di usia 7 bulan kehamilan lebih besar harapan hidupnya dibandingkan yang lahir di usia 8 bulan? PREMATURITAS menurut World Health Organization (WHO) adalah bayi yang lahir sebelum 37 minggu usia kehamilan. Berdasarkan usia kehamilan, prematuritas dibagi menjadi 3 kategori: * Extremely preterm (<28 minggu). * Very preterm (28–<32 minggu). * Moderate to late preterm (32–<37 minggu).

Kabar baiknya, bayi prematur yang ditangani optimal oleh dokter spesialis berpengalaman akan memiliki kemungkinan untuk hidup. Namun perlu dketahui juga, semakin prematur bayi, kemungkinan hidupnya akan semakin kecil. Bayi permatur terkecil yang dapat bertahan hidup adalah bayi berusia 21 minggu 6 hari. Kasus Ini dianggap sebagai suatu “keajaiban”. Kemungkinan hidup bayi prematur akan meningkat dengan semakin lamanya kehamilan.

Meski bayi itu hanya 1 minggu lebih lama di dalam kandungan. Secara umum, bayi prematur yang mendekati usia kehamilan 37 minggu akan jauh lebih baik daripada bayi yang lahir sebelum 28 minggu. Berikut beberapa informasi mengenai bayi prematur yang semoga dapat berguna bagi Mama Papa.

PENYEBAB: * Kelahiran prematur spontan. * Kehamilan ganda. * Infeksi ibu sewaktu hamil atau penyakit kronis ibu, seperti diabetes mellitus atau tekanan darah tinggi, dan kelainan medis lain yang memerlukan penghentian kehamilan sedini mungkin. * Kelainan genetik.

KOMPLIKASI: Komplikasi prematuritas merupakan alasan utama penyebab tingginya tingkat kematian dan tingkat kesakitan pada golongan bayi prematur. Dengan makin mudanya usia kehamilan, risiko komplikasi akan meningkat dikarenakan belum terbentuknya organ-organ tubuh bayi secara sempurna. Komplikasi yang sering terjadi pada bayi prematur antara lain:

1. Paru-paru belum terbentuk sempurna. Paru-paru pada umumnya akan terbentuk sempurna pada usia kehamilan 34– 36 minggu. Jika bayi dilahirkan sebelum 34, paru-paru akan kekurangan surfaktan yang dapat mempertahakan paru-paru agar tidak kolaps. Keadaan ini sering disebut sebagai respiratory distress syndrome (RDS). Kondisi lain yang berhubungan dengan paru-paru yang belum terbentuk sempurna adalah bronchopulmonary dysplasia (BPD).

Untuk anda yang akan mengikut ujian TOEFL sebaiknya persiapkan diri dengan mengikuti program di lembaga kursus TOEFL terbaik di Jakarta.

Poppy pipy

Poppy Pipy adalah seorang blogger yang sangat menyukai hobi menulis sejak kecil, selain mengelola blog ini, poppy pipy juga menulis di blog-blog lainnya, poppy sangat menyukai menulis soal fashion dan traveling,contoh beberapa tulisannya adalah sebagai berikut Tren Model Baju Gamis Terbaru, Tips Liburan Ke Kuala Lumpur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *