Tujuan Berwirausaha dan Ciri Wirausahawan

Bisnis

Tujuan Berwirausaha dan Ciri Wirausahawan – Berwirausaha adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan uang dengan usaha diri sendiri. Pelaku dari kegiatan ini disebut sebagai seorang wirausahawan. Banyak yang was was terjun dalam bidang ini karena bidang usaha ibarat seperti untung untungan. Tidak ada jaminan kalau usaha yang dirintis akan berkembang dan sukses.

Namun sebagian orang lainnya berani mengambil resiko dan memilih untuk menjadi seorang wirausaha. Sepak terjangnya pun bisa dibilang mulai dari nol dan hanya berbekal ilmu pengetahuan dari internet saja. Lantas apa sebenarnya tujuan menjadi wirausahawan? dalam artikel kali ini kita akan membahas beberapa tujuan dan cara berwirausaha yang baik dan benar.

Tujuan Berwirausaha dan Ciri Wirausahawan

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memenuhi tugas sekolah tentang teks eksplanasi dan contohnya. Oleh karena itu saya ingin memberikan sedikit eksplanasi atau penjelasan seputar industri usaha rumahan. Lantas sebenarnya apa tujuan berwirausaha? dan seperti apa ciri ciri orang yang memiliki jiwa wirausaha tinggi?

Seorang yang menjiwai bidang ini bisa dilihat bahkan hanya dalam sekali pandang saja. Adapun kriteria dan karakteristik seorang wirausahawan adalah:

  • Berani mengambil resiko.
  • Tidak kenal kata gagal.
  • Memiliki keberanian untuk melangkah mengawali usaha.
  • Memiliki kemampuan menganalisa dengan baik.

Kewirausahaan memang sudah diajarkan ketika kita sekolah. Melalui mata pelajaran inilah siswa bisa belajar mandiri dan berdikari tanpa menggantungkan hidup pada siapapun. Banyak hal yang bisa kita petik dari kegiatan wirausaha. Misalnya saja teknik analisa pasar, teknik marketing, dan cara mengatasi berbagai masalah dalam sebuah perusahaan.

Contoh wirausaha

Dalam hidup ini kita mengenal berbagai macam industri barang dan jasa. Berwirausaha juga tidak terlepas dari hal diatas. Terdapat berbagai macam usaha kecil hingga menengah yang bisa dijalankan sebagai basis awal wirausaha. Namun untuk mulai mengawalinya kita harus memiliki pandangan serta wawasan yang luas karena kunci sukses berwirausaha adalah pada inovasi.

Semakin inovatif seseorang maka semakin sukses usaha yang akan dia rintis. Begitulah peribahasa yang hingga saat ini masih saya pegang. Dari teks eksplanasi diatas bisa kita simpulkan bahwa berwirausaha tidaklah sesimpel kelihatannya. Perlu adanya proses adaptasi, riset, dan follow up ketika kita memutuskan untuk terjun ke bidang ini.

Usaha dan jasa

Kita tidak harus membuka toko ataupun menggelontorkan modal besar untuk bisa berbisnis. Bahkan kita bisa memulainya dari nol tanpa sepeser uang pun. Caranya adalah dengan memanfaatkan alam yang ada, misalnya berternak lebah. Kita hanya perlu mencari lebah liar dan merawatnya sehingga bisa dipanen lalu dijual madunya.

Alternatif lain jika tidak ingin repot berurusan dengan produk adalah menjual jasa. Jasa adalah pertolongan yang kita berikan dengan harapan diberikan imbalan uang yang setimpal. Ada banyak sekali jasa yang bisa kita jadikan contoh teks eksplanasi misalnya saja jasa cuci mobil, jasa tambal ban, jasa skripsi dan lain sebagainya.

Nah apakah anda tertarik untuk terjun langsung dalam bisnis menggiurkan ini? jika iya maka persiapkanlah diri anda. Dalam artikel berikutnya kita akan membahas tutorial menjadi wirausahawan sukses berdasarkan pengalaman pribadi saya. Selain itu kita juga akan mengadakan sesi sharing antar pengunjung untuk menambah wawasan kita.

Terimakasih telah mengunjungi artikel singkat saya kali ini. Selalu iktu perkembangan situs delendis untuk mendapatkan update informasi seputar kewirausahaan. Sampai jumpa di lain kesempatan.

Poppy pipy

Poppy Pipy adalah seorang blogger yang sangat menyukai hobi menulis sejak kecil, selain mengelola blog ini, poppy pipy juga menulis di blog-blog lainnya, poppy sangat menyukai menulis soal fashion dan traveling,contoh beberapa tulisannya adalah sebagai berikut Tren Model Baju Gamis Terbaru, Tips Liburan Ke Kuala Lumpur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *